Tips Pernikahan Low Budget

Pernikahan sendiri menjadi salah satu momen yang sangat membahagiakan  bagi setiap pasangan. Bagi pasangan yang berasal dari keluarga yang mampu, perayaan pernikahan pastinya harus dirayakan secara besar-besaran, tentunya agar sanak saudara dan juga kerabat dan tetangga bisa ikut merasakan kebahagiaannya. Bahkan banyak pula dari pasangan yang hendak mengadakan pesta pernikahan dan memilih untuk mengadakan pesta pernikahan secara kecil-kecilan lantaran minimnya budget yang tersedia. Sebisa mungkin untuk para pasangan yang akan menikah berusaha untuk mengadakan sebuah pesta pernikahan, agara kebahagian menjadi pasangan suami istri semakin terasa. Sekaligus mengadakan pesta pernikah sebagai salah satu momen sakral yang harus di abadikan. Bahkan tak jarang juga banyak pasangan yang malah stress karena besarnya keinginan untuk dapat mengadakan sebuah pesta pernikahan yang sempurna, namun budgetnya sangatlah terbatas.

Tips Menikah dengan Low Budget

Untuk anda yang ingin mengadakan sebuah perayaan pernikahan dalam artikel ini akan dibahas tips bagaimana mengadakan pernikahan dengan budget yang minim. Untuk anda yang mungkin sedang kebingungan untuk menyusun sebuah pesta pernikahaan, hal-hal dibawah ini bisa anda jadikan acuan, untuk terciptanta pesta yang low budget namun tetap berkesan.

1. Adakan Pesta di Rumah

Didalam sebuah pernikahan biasanya biaya sewa gedung menjadi salah satu komponen yang memerlukan budget yang paling besar. Jadi untuk terciptanya pernikahan yang low budget anda harus menghilangkannya dari pos pengeluaran anda. Anda tidak perlu untuk menggelar sebuah pesta di gedung pernikahan, yang harga sewanya kisaran belasan hingga puluhan juta. Sebab, inilah yang nantinya akan menghabiskan setengah dari dana yang anda miliki. Sebagai salah satu alternatif, anda bisa mengadakan pesta pernikahan di rumah, agar biaya yang anda keluarkan bisa anda tekan. Hal ini juga nantinya memungkinakan anda untuk memiliki sebuah pesta yang akan hangat dan sangat kental suasana kekeluargaan.

2. Selektif dalam Memilih Tamu

Hal yang harus anda lakukan selanjutnya yaitu, anda harus memilih tamu undangan yang akan menghadiri pesta tersebut, sebab hal ini ini nantinya akan secara langsung mempengaruhi besarnya biaya yang nantinya akan keluar nanti. Jika nantinya semakin banyak tamu, tentunya biaya yang akan dikeluarkan juga akan besar nantinya. Anda bisa mengundang hanya keluarga serta kerabat dekat anda saja, di tambah juga dengan teman dekat dan para kolega anda dan juga pasangan. Pilih dan tentukan tamu undangan yang akan hadir nantinya secara selektif, jika perlu anda bisa melibatkan orang tua agar dapat mepertimbangkan undangan yang nantinya akan dan sebarkan. Hal ini penting untuk dilakukan, karena dengan hal ini anda juga dapat menekan budget pengeluaran agar tidak terlalu besar. Khususnya dalam hal tamu undangan.

3. Pilih Undangan Souvenir yang Unik 

Coba anda hunting dan melihat pernak-pernik yang nantinya dapat anda gunakan sebagai souvenir pernikahan anda. Murah namun tidak murahan. Ada banyak tipe undangan yang bisa anda dan pasangan pilih. Bahkan meski budget-nya terbatas. Saat ini kisaran undangan biasa berkisar harga Rp. 2000,- hal itu juga sudah cukup baik untuk anda jadikan sebagai salah satu pilihan undangan anda. Anda bisa memesan undangan untuk beberapa tamu tertentu saja, sebab untuk para sahabat dan juga teman anda bisa memanfaatkan kemajuan pesan dan teknologi, atau untuk teman dan sahabat anda bisa mengundang mereka secara langsung, tentunya akan jauh lebih baik dan akan berkesan nantinya. Hal yang sama juga berlaku untuk souvenir dengan kisaran harga biasanya berkisar antara Rp. 4000,- saja, anda sudah mendapatkan souvenir yang bagus unik dan lucu. Anda bisa memesan souvenir dengan jumlah yang cukup agar nantinya teman dan keluar semua akan langsung kebagian. Dan biasanya untuk souvenir yang dibeli secara banyak harganya akan jauh lebih murah.

4. Atur Sendiri Dekorasi

Anda juga bisa mengatur dana anda untuk membuat dekorasi, agar pesta pernikahan anda berkesan dan juga terlihat elegan. Anda bisa mengatur sendiri dekorasi pesta anda termasuk dengan segala jenis bunga dan juga pernak pernik lainnya, yang nantinya akan anda gunakan. Ini juga akan jauh lebih hemat menekan budget anda nantinya, karena anda tidak akan menggunakan jasa dekorasi dari pihak lain yang biasanya lebih mahal.

5. Sewa Baju Pengantin

Untuk selanjutnya adalah baju pengantin, biasanya harga baju pengantin berjuta-juta, sebab pakaian ini bahkan nantinya hanya akan anda gunakan satu kali saja. Jadi disarankan untuk anda dapat menyewa baju pengantin tersebut, termasuk juga dengan pagar ayu dan untuk keluarga lainnya jika memang perlu. Hal ini nantinya akan menghemat banyak uang anda, mengingat untuk harga busana pengantin jika harus membelinya akan sangat mahal.

6. Masak Sendiri Hidangan Pesta

Selain gedung, biaya untuk catering adalah salah satu komponen terbesar lainya dalam anggaran sebuah pernikahan. Pangkas biaya ini dengan cara menyiapkan sendiri hidangan yang akan anda sajikan di acara pernikahan anda. Anda bisa meminta bantuan kepada keluarga atau kerabat serta tetangga dalam hal menyiapkan hidangan anda, pastikan orang tersebut juga ahli dalam bidang memasak. Jangan lupa setelahnya anda juga perlu untuk memberikan mereka imbalan atas bantuan mereka nantinya, sebab dalam menyiapkan masakan di pesta pernikahan memerlukan banyak hal yang perlu disiapkan, berbagai macam menu hidangan nantinya. Pilih dan coba beberapa menu yang menurut anda tepat untuk anda sajikan sehingga tampilan dan juga rasanya nanti tidak akan mengecewakan.

7. Sewa Kamera dan Gunakan Talenta yang Ada

Dalam hal ini anda tidak perlu memerlukan jasa fotografer profesional untuk dapat mengabadikan momen anda, sebab, ini nantinya hal ini akan membutuhkan dana yang cukup besar nantinya untuk anda. Anda bisa menyewa kamera dan mintalah bantuan kepada teman and yang bisa untuk membidik foto-foto yang cantik, sehingga nantinya acara pernikahan anda bisa diabadikan dengan baik. Dana diatas, sudah termasuk biaya cetak fotonya, hal tersebut sudah sangat hemat bukan?

8. Susun Acara Pesta Semenarik Mungkin, Libatkan teman dan Keluarga

Meski acara pernikahan yang anda buat sederhana, buatlah pesta anda berjalan dengan sangat berkesan dan menyenangkan. Lakukan acara yang menyenangkan, libatkan teman dan keluarga anda hal ini untuk terciptanya acara yang nantinya akan terasa hangat. Lakukan hal ini untuk dapat membuat acara pernikahan  yang berkesan untuk anda dan juga pasangan. Buat acara anda nantinya menjadi acara yang sangat intim dan meninggalkan kesan yang mendalam untuk anda dan pasangan serta kerabat.

jangan lupa juga untuk menyiapkan dana cadangan untuk biaya yang terduga. Agar keuangan anda dan pasangan tetap aman setelah acara pernikahan selesai. Lebih baik jika dana yang tidak terpakai nantinya dapat anda gunakan untuk kebutuhan yang lainnya. Semoga artikel ini dapat berguna dan membantu anda dalam mempersiapkan acara bahagia anda. Terimakasih.

Rekomendasi Makanan Untuk Pesta Pernikahan

Dalam suatu pesta pernikahan pastinya selain kita diperlihatkan oleh kedua mempelai pasangan yang cantik dan ganteng, pastinya tamu juga disuguhkan makanan dengan beberapa menu yang biasa dinikmati oleh orang indonesia pada umumnya. Makanan-makanan ini biasanya menjadi makanan andalan yang bisa kalian temui di berbagai tempat hajatan atau pesta pernikahan. Makanan tradisional hingga makanan yang western pun kadang disajikan, namun beda tempat saja. Kalau western lebih mengusung ke tema internasional sedangkan menu-menu yang nanti kita kasih tahu adalah menu dengan tema tradisional atau di hajatan pada umumnya.

Daripada lama-lama, langsung saja kalian liat rekomendasi makanannya lalu tulis di note kalian agar nanti kalian tidak lupa ingin menyuguhkan makanan dengan jenis apa saja.
Makanan Yang Biasa Hadir Di Pesta Pernikahan / Hajatan
Biasanya yang pertama kali dicari dalam pesta pernikahan atau hajatan adalah enu makanannya. Ketika mendatangi meja prasmanan, kadang kala ada yang suka bertanya sama beberapa penjaga prasmanannya.

ini daging sapi atau kambing ?”
“ ini sayur apa ?”
“ loh, gak ada kerupuknya
?”
Nah kata-kata ini yang biasa terlontarkan oleh sebagian orang. Nah, untuk meminimalisirkan hal itu, nih kita rekomendasikan menu yang bisa kalian hadirkan di dalam pesta pernikahan kalian.

• Nasi Rames Prasmanan

Prasmanan

Dimana nantinya disediakan dalam beberapa meja panjang Nasi putih serta dibarengi dengan beberapa lauk yang ada di samping nasi tersebut. Biasanya, nasi ini sendiri menjadi incaran para tamu yang meamng sengaja dari rumah belum pada makan nih guys hehehe.. Untuk lauknya sendiri biasa ada olahan ayam/daging, ada ikan, ada sayur sop, ada telor balado, ada juga nasi goreng, asinan, dan tidak ketinggalan kerupuk.

• Sate Ayam

Sate

Selain Nasi Rames tadi, sate ayam ini juga akan hadir di beberapa pesta atau hajatan pernikahan. Umumnya , sate yang digunakan merupakan sate ayam. Nah, menu ini bisa kalian gabungkan bersama dengan Nasi Rames tadi atau bisa juga langsung kalian makan begitu saja. Biasanya, makanan ini bisa dimakan sesuai kalian menemukannya di meja  makan utama atau makanan tambahan saja.

• Makanan Bakso

Bakso

Sudah biasa, mulut orang indonesia harus kena dengan makanan yang satu ini. Biasanya menu bakso ini bisa kalian temukan di stand kecil yang ada pada pesta pernikahan atau hajatan seseorang. Sebagai menu tambahan pun , makanan ini masih laku keras di berabagai pesta pernikahan. Biasanya di dalam seporsi bakso terdapat 3 buah bakso disertahi toge, daun cesim, bihun serta bawang goreng.

• Makanan Siomay

Siomay

Orang bandung atau bukan, makanan ini akan selalu hadir di setiap daerah yang ada. Tanpa terkecuali saat adanya pesta penikahan ini. Tanpa adanya makanan ini, hambar sudah pesta pernikahan itu hehe.. hidangan klasik ini sering kali di pertanyakan oleh sebagian para tamu undangan,

“loh kok siomaynya gak ada mbak, bakso doang nih ?” nah kalau udah begitu pamusaji yang jaga stand di pernikahan kalian bisa berbuat apa hayooo… makannya, adain mnu yang satu ini ya guys.

•Buah-Buahan Segar, Cake Mini atau Puding

Aneka Buah dan Puding

Setelah makan pasti dong ingin mencuci mulut dengan sesuatu yang segar, manis, dan bikin adem tenggorokan. Salah satu dari sekian banyak menu, buah-buahan inilah yang banyak di cari. Ada yang menaruh buah Salak, Pisang, Jeruk bahkan ada juga buah-buahan yang sudah terpotong kecil-kecil seperti Melon,Semangka,Pepaya,Nanas dll.

Selain adanya buah-buahan, ternyata terdapat juga Cake Mini atau puding dengan tambahan toping fla yang manis dan gurih di tenggorokan. Uhhhh nikmat pokoknya untuk di santap.

• Minuman Dingin/Ice Cream

Aneka Dessert Dingin

Ini menjadi hidangan penutup yang biasanya sering sekali diambil banyak oleh para anak-anak yang hadir di dalam acara pernikahan tersebut. Minuman segara dengan berbagai rasa yang biasanya diisi oleh sebagain daging buah melon pun, menjadi andalan bagi tamu yang hadir disana. Ada juga yang tak mau ribet untuk memotong buah-buahnya, sang ahli masak pun menyediakan minuman dingin seperti Sprite , Fanta, atau juga Ice Cream yang meamng akan selalu tersedia di berbagai hajatan yang ada.

Macam-Macam Konsep Pernikahan Masa Kini

Zaman sudah sangat modern, pasti perkembangan mengenai suatu konsep pernikahan pun semakin berjalan. Tentunya setiap pasangan yang sudah menikah ingin memiliki konsep pesta pernikahan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Selain memiliki makna yang penting, pernikahan juga dinilai sebagai suatu kebahagian yang tidak bisa dibeli dengan apapun. Maka dari itu, banyak orang mengatakan bahwa pernikahan butuh yang namanya pesta namun terkonsep dengan baik.

Masih banyak para pasangan bingung mencari konsep yang pas untuk mengikuti perkembangan zaman ini. saat ini, kalian para pasangan yang sudah menikah dan ingin memiliki pesta pernikahan terkonsep, di bawah ini kita berikan beberapa konsep kekinian yang dirasa cocok untuk mengisi konsep di pesta pernikahan kalian nantinya.

Ribet gak sih konsepnya ? daripada bingung, langsung cek konsep-konsep pilihan yang cocok untuk pesta pernikahan kalian. Cekidot..

Konsep Pernikahan Kekinian

• Konsep Rustic

Konsep Rustic

Konsep ini merupakan salah konsep dengan penggunaan dekorasi yang pewarnaanya itu kalem-kalem. Misal saja warna pastel, coklat, ditambah dengan bunga-bungan yang senada dengan warna dekorasinya. Unsur utama dari Rustic ini sendiri adalah adanya unsur-unsur kayu serta ranting pohon dan daun-daun kering hingga lampu yang mengantung indah dengan berbagai macam bentuk. Inilah nantinya yang membuat suasana antar tamu menjadi lebih akrab dan hangat.

• Konsep Adat

Konsep Adat

Bagi kalian yang bingung, tradisional seperti ini bisa kalian usung juga ke konsep pernikahan kalian. Konsep ini banyak dipilih dikarenakan, saat ini sanggar rias untuk berbagai macam adat sudah tersebar di beberapa wilayah. Misalnya untuk adat Aceh, Palembang, Medan, Jawa, Lampung, Betawi, dan masih banyak lagi lainnya yang didukung dengan penggunaan aksesors yang cantik-cantik.

Biasanya kalian yang menggunakan konsep ini, dekorasinya pun mengikuti adat pernikahan yang kalian pakai. Misalnya Padang dengan dekorasi pelaminan gadang, Betawi dengan rumah joglonya, Jawa dengan pelaminan Gebyok dan daerah lainnya.

• Konsep Elegan

Konsep Elegan

Biasanya para ciwi ciwi nih suka banget dengan konsep yang menggunakan banyak warna putihnya. Jika dirasa begitu, kalian bisa menerapkan konsep yang satu ini. konsep elegant ini biasa mengambil warna yang memang soft atau lembut-lembut untuk dipandang. Perpaduan warna antara Coklat, Ivory, Pastel, serta warna lainnya lagi. Bahkan di bebrapa pelaminan yang sudah-sudah, para pasangan berani mengambil warna mencolok seperti warna Gold. Tentunya selain elegant, konsep kalian akan terlihat mewah sekali di hadapan para tamu.

• Konsep Classic Romance

Konsep Classic Romance

Jika kalian ini merupakan pasangan yang menyukai dengan berbagai macam warna atau warna-warna yang colorfull ditambah dengan berbagai macam hiasan bunga di mana-mana pun, bisa kalian coba konsep yang satu ini. mengapa demikian ? karena, konsep ini memang mengusung tema bunga-bunga biasanya. Jadi jangan heran nantinya pada saat pendekorasian kalian akan terlihat hampir di keseluruhan tempat terdapat bunga-bunga cantik dengan perpaduan warna yang indah-indah.

Warna bunga yang biasanya di pilih pun berwarna cerah. Seperti warna : Putih, Hijau, Merah, Pink, Ungu, Biru, dan warna terang lainnya. jangan takut terlihat tidak rapih karena menggunakan banyak bunga, malah nantinya kalian akan berterima kasih dengan sang dekor dikarenakan konsep Classic Romancenya ini tertata dengan rapih, romantis, mewah serta bunga yang dibuat konsep ini pun masih segar.

• Konsep Minimalis

Konsep Minimalis

Yang namanya minimalis pasti isiannya pun tidak akan banyak-banyak. Konsep minimalis ini biasanya mengusun tema kesederhanaan. Walau sederhana, untuk konsep ini pun pendekorasian nya tetap akan ada sentuhan bunga warna warni, daun-daun dengan warna cantik, serta hiasan-hiasan lainnya yang membantu dekorasi ini semakin indah lagi dipandang oleh para tamu yang datang ke pesta pernikahan kalian. Namun, hiasan atau penambahan bungan serta daun-daun ini pastinya tidak akan sebanyak seperti konsep-konsep lainnya yah, karena kan memang kalian sedang mengusut konsep yang minimalis atau sederhana.

Bisanya, konsep ini diambil buat kalian para pasangan yang ingin membuat pesata pernikahan di rumah mempelai wanitanya. Namun jika kalian ingin melaksanakannya di gedung pun, itu tidak masalah. Intinya serahkanlah pada sang pendekor, niscaya konsep kalian akan sempurna.

Nah, dengan adanya info mengenai konsep ini, dirasa kalian sudah tidak akan pusing lagi untuk memilih konsep pernikahan apa yang pas untuk kalian gunakan nanti.

Buat Pernikahan Bahagia dan Awet Dengan Tips Berikut

Pernikahan merupakan impian dari setiap pasang kekasih yang saling mencintai, oleh karena itu banyak hal yang harus di persiapkan sebelum menikah yang sudah pernah kita bahas di postingan sebelum nya.

Tidak semua tentang persiapan ada hal yang harus kamu lakukan setelah menikah supaya hubungan pernikahan kalian tetap awet dan bahagia selalu. Banyak orang menyepelekan masalah ini walaupun banyak pasangan yang tidak lama berpisah setelah menikah karena terus bertengkar. Berikut akan kami berikan tips agar pernikahan mu bahagia.

Tips Pernikahan Bahagia dan Awet

Pola Pikir

Semua diawali dari pola pikir atau mindset. Apa arti dari pernikahan itu menurut anda? apa itu cinta ? apa itu tujuan pernikahan?

Pola pikir yang harus dimiliki semua pasangan suami istri demi membuat pernikahan yang bahagia adalah menjalani nya dengan benar. Seperti yang di muat pada buku ” The Great Marriage” hal awal yang harus di ubah dalam pernikahan adalah pola pikir. Dari pola pikir pasangan akan mewujudkan tujuan ke arah mana pernikahan kita apakah hanya untuk sekedar menjadi pasangan atau ingin menjadi tumbuh sukses bersama.

Jadikan Pasangan Mu Sahabat Terbaik

Didalam pernikahan menciptakan persahabatan dengan pasangan hidupmu adalah sesuati yang menjadikan dasar dari pernikahan yang bahagia. Namun hal ini sulit dilakukan karena kebanyakan pasangan enggan terlalu terbuka sehingga hanya perasaan keromantisan saja yang menjadi bumbu pada pernikahan.

Rata – rata pasangan yang awet bisa menjadikan pasangan hidup nya sebagai sahabat dan lebih terbuka tentang suatu masalah dan bisa bertukar pikiran untuk menemukan solusi seperti bersahabat dengan orang lain, pernikahan dengan cara seperti ini membuat kondisi rumah tangga kalian tidak lah merasa bosan.

Menikmati Keromantisan Seks Dalam Pernikahan

Bicara keromantisan persis seperti bicara unsur gairah di dalam percintaan. Dalam pernikahan gairah cinta pada awal pernikahan akan membara seperti api namun itu tidak berlangsung lama kebanyakan gairah hanya bisa bertahan dalam 2 – 4 tahun saja setelah itu biasanya akan surut dengan sendiri nya. Setelah itu pernikahan biasanya hanya tersisa rasa “Teman Hidup” seperti teman biasa namun sudah terikat dan menjalani hidup seperti biasa rasa cinta tidak terlalu berasa lagi pada umur pernikahan segini.

Tetapi jika kamu ingin menjadi pasangan yang awet selalu bangkitkan lah gairah cinta kalian berdua walaupun misal sudah mempunyai anak selalu lah ingat perasaan cinta kalian di awal pernikahan dan kenapa kalian bisa memutuskan untuk menikah kenang lah masa – masa waktu pacaran dahulu maka itu akan membangkitkan gairah kalian supaya rumah tangga kalian tetap awet.

Komunikasi

Dalam komunikasi dapat di katakan bagus apa bilah satu orang berbicara dan yang satu nya mendengarkan kemudian memberi respon bahwa ia mengerti ucapan nya. Nah respon tersebut bisa dengan menanyakan kembali hal yang tidak mengerti ataupun memberi solusi dari masalah nya tersebut.

Komunikasi bisa menjadi faktor penting dalam pernikahan biasanya hubungan yang awet selalu berkomunikasi jika ada masalah maupun sesuatu yang perlu di bicarakan, memberi kabar juga termasuk hal yang harus selalu di lakukan agar pasangan tahu bahwa kita sedang apa dan tidak menimbulkan ke khawatiran atau kecurigaan terhadap pasangan masing masing.

pasangan yang berpisah biasanya di mulai dari tidak ada nya komunikasi antar keduanya seperti mulai cuek atau tidak merespon ketika di ajak bicara,atau tiba – tiba meninggalkan pembicaraan walaupun belum selesai. Jadi jagalah selalu komunikasi dengan pasangan mu.

Bertengkar

Pertengkaran memanglah akan selalu timbul dalam rumah tangga banyak hal yang bisa menimbulkan pernikahan seperti hal – hal kecil sekalipun contoh nya menaruh barang,merapikan tempat tidur,sampah dan masalah anak sekolah bahkan bisa menjadi penyulut pertengkaran.

Hubungan yang awet di dasari dengan cara kita meminimalisir terjadi nya pertengkaran dalam rumah tangga mulai lah dengan saling menerima kekurangan satu sama lain dan jangan mudah tersulut emosi selalu pakai kepala dingin dalam berpikir, sabar lah menghadapi pasangan mu karena menyatukan dua kepribadian di dalam rumah tangga memang membutuhkan perjuangan agar kalian sama-sama bahagia selalu.

Demikian tips yang kami berikan agar pernikahan mu awet dan bahagia, semoga kalian menjadi salah satu pasangan yang awet sampai akhir hayat dengan membaca postingan ini ya.

Cara Mempersiapkan Pernikahan Hemat dan Bagus

Menikah seringkali jadi mimpi tersendiri bagi tiap-tiap orang, terutama bagi perempuan. Ada banyak hal dari Perencanaan sampai hari jadi yang mesti dengan tabah dipersiapkan. tetapi, karena niat baik harus disegerakan, tak jarang untuk menjadikan momen sekali seumur hidup ini hanya bisa dilaksanakan dalam waktu singkat. Waktu tiga hingga empat bulan setelah lamaran menuju pernikahan sering kali digunakan untuk total mempersiapkan pernikahan. Supaya tidak terlalu menguras tenaga dan biaya, lakukan Tips yang kami berikan dibawah ini ya.

Persiapan Mental

Mental merupakan persiapan yang paling utama sebelum menyelenggarakan pernikahan. Yakinkan diri bahwa pasangan yang telah Anda pilih untuk menjalani hidup bersama, Yakni jodoh yang telah dipilihkan tuhan yang maha kuasa untuk Anda. Mantapkan hati untuk memulai persiapan pernikahan, percaya bahwa Anda dan pasangan bisa menjalankan yang terbaik dan berdoa supaya diberikan kelancaran hingga hari-H nantinya.

Membicarakan Dengan Kedua Orang Tua

Setelah Anda dan pasangan merasa sudah cocok, bicarakan rencana ini dengan kedua orang tua Anda dan Pasangan. Bicarakan konsep pernikahan yang akan Anda gelar serta situasi finansial Anda dan pasangan. Dengan bersikap jujur, orang tua atau member keluarga yang mungin menginginkan pesta pernikahan yang lebih mewah,bisa memahami situasi Anda. Bukan tak mungkin ada anggota keluarga yang kenal dengan vendor pernikahan seperti fotografer, dekorator, katering atau lainnya dan bisa memberikan harga spesial untuk Anda.

Menentukan Tanggal dan Tempat

Tiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk Putra maupun Putri nya. Oleh karenanya memutuskan tanggal pernikahan malah tidak sembarangan. Sepatutnya dihitung baik buruknya untuk kelangsungan kehidupan anak mereka selanjutnya. setelah mendapatkan tanggal yang tepat, segera pesan tempat atau venue pernikahan yang Anda inginkan, disesuaikan dengan kesanggupan Anda dan pasangan. seandainya memungkinkan, Anda bisa juga menggelar pesta pernikahan di halaman  rumah, sehingga mengurangi biaya saat sewa gedung.

Memilih Gaun Pengantin dan Make Up

Setelah memperoleh lokasi pernikahan dan mengetahui konsep pestamu nanti, segeralah memilih pakaian pengantin yang sederhana dan tentunya pantas dengan venue. Kamu wajib ingat, sesederhana apa saja baju pernikahanmu nanti, kamu dan pasangan akan tetap menjadi raja dan ratu sehari yang paling keren. Sekiranya Berkeinginan hemat, kamu bisa membeli kain sendiri, merancangnya sendiri dan memilih tempat jahit yang murah tetapi tetap bermutu dan berkualitas. Sembari menyiapkan pakaian, jangan lupa juga urus makeup-nya. Lazimnya salon akan menawarkan paket-paket pengantin. Jadilah bijak dalam memilihnya ya.

Tetapkan Budget

Sesudah berdiskusi dengan keluarga dan menentukan tanggal, tetapkan berapa besar bujet yang Anda keluarkan untuk menggelar pesta pernikahan. Sebelumnya, secara khusus cari tahu estimasi biaya yang semestinya Anda anggarkan untuk masing-masing pos. Berapa untuk dekorasi,katering, busana pengantin, fotografi, souvenir ,undangan, dan sebagainya. Sekiranya Anda sudah mengetahui estimasi biaya yang di keluarkan dari masing-masing pos, menetapkan anggaran akan jauh lebih mudah nantinya. Jangan lupa Tambahkan Biaya yang tidak terduga sebesar 10% dari keseluruhan anggaran untuk bermacam hal-hal kecil yang tak jarang hadir sepanjang persiapan pernikahan.

Menghubungi Vendor untuk Pernikahan

Mulai hubungi vendor-vendor pernikahan yang direkomendasikan keluarga, terlebih yang sudah pernah dipakai jasanya. Dengan demikian tidak cuma hanya Anda akan menerima harga yang setidaknya lebih bersahabat di kantong , namun kualitas pun sudah jelas. Jika memang anda ingin menghubungi vendor yang bukan di rekomendasikan keluarga lihat lah dulu hasil Wedding yang pernah di kerjakan oleh vendor tersebut untuk melihat kualitas nya.

Buat Daftar Tamu Yang Ingin Di Undang

Buat daftar tamu dari Sahabat,Teman dan juga saudara-saudari yang ingin anda undang. Senantiasa ingat bahwa jumlah undangan yang disebar mesti dikalikan tiga untuk porsi katering. Oleh karenanya batasi daftar Anda sekiranya tak ini bujet katering membengkak.

Buat Rangkaian Acara Pernikahan

Alangkah baik nya acara pernikahan berlangsung satu hari saja, dikarenakan acara yang di gelar selama 2-3 hari pasti nya akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Untuk itu susun acara Anda menjadi satu hari saja, misalkan akad nikah atau pemberkatan di pagi atau siang hari, lalu di sambung dengan resepsi di hari itu juga. Tak hanya meminimalisir bujet yang di keluarkan, Anda juga tidak semestinya lelah berkepanjangan di akibatkan seluruh rangkaian acara yang ada, Sehingga acara dapat di selesaikan dengan waktu satu hari dengan baik.

 

Tips-Tips Pernikahan Dengan Konsep Outdoor

Pernikahan Dengan Konsep Outdoor

Momen pernikahan memang semestinya dilaksanakan hanya sekali dalam seumur hidup. Setiap pasangan acapkali mengharapkan bisa mendapatkan satu konsep pesta pernikahan yang menarik dan berkesan sehingga menjadi momen yang tak terlupakan. Baik bagi pengantin maupun bagi tamu undangan yang hadir. Salah satu konsep yang sedang kekinian bagi pasangan muda adalah pesta pernikahan outdoor. Konsep luar ruangan ini dianggap menarik dibandingkan dengan pernikahan biasa yang dilakukan di dalam ruangan dengan menyewa gedung dan lain-lain. 

Jika Anda dan pasangan ingin melaksanakan pernikahan di luar ruangan. Pastinya pesta pernikahan ini membutuhkan lebih banyak hal yang harus diperhatikan hingga hal-hal kecil sekalipun. Nah, berikut adalah tips-tips yang bisa dilakukan agar wedding party Anda berjalan dengan lancar.

Mempertimbangkan Faktor Cuaca

Saat berencana untuk mengadakan acara pesta pernikahan dengan konsep outdoor, tips pertama yang sangat krusial diperhatikan adalah cuaca. Memantau prakiraan cuaca dalam jangka waktu yang panjang sebelum menetapkan tanggal pernikahan Anda. Solusinya, Anda bisa mengecek terlebih dahulu website yang berkaitan dengan prakiraan cuaca selama beberapa bulan. Website ramalan cuaca yang bisa Anda kunjungi misalnya website resmi miliki BMKG, cuaca.mirbig.net atau web lainnya yang resmi. 

Anda juga harus selalu memeriksa ramalan cuaca di web tersebut pada hari-hari menjelang pesta pernikahan untuk dapat mengetahui perkembangan terakhir dan situasi cuaca di hari mendatang. Anda juga bisa memberitahukan rencana alternatif kepada para tamu undangan melalui kartu undangan pernikahan Anda, agar mereka juga dapat berjaga-jaga. Sebaiknya jika Anda ingin mengadakan acara pernikahan outdoor, laksanakanlah pada saat musim kemarau berlangsung.

Memperhatikan Kondisi Kesehatan

Jika Anda termasuk salah seorang yang menderita alergi, seperti alergi cuaca dingin maupun gigitan serangga, maka sebaiknya Anda harus lebih waspada apabila ingin mengadakan  pernikahan outdoor. Alangkah lebih baik jika Anda dan pasangan telah mempersiapkan sedemikian rupa agar pesta pernikahan berjalan dengan lancar. Sediakan obat anti alergi atau konsumsi obat tersebut sebelum acara pernikahan Anda dilaksanakan.

Memilih Busana yang Tepat

Pastikan gaun atau jas pernikahan yang Anda kenakan terasa nyaman dan sesuai dengan konsep pernikahan Anda. Untuk perempuan, gunakan gaun yang cukup ringan, memudahkan dan membebaskan Anda untuk bergerak leluasa. Sedangkan untuk pemilihan sepatu, jenis high heels sepertinya bukan pilihan yang tepat dipakai dalam pesta pernikahan outdoor. Pilihlah jenis wedges yang pendek atau datar yang bisa memudahkan Anda untuk bergerak atau bahkan dengan tidak menggunakan alas kaki sekalipun di sepanjang pesta pernikahan bukan merupakan ide yang buruk untuk dilakukan dalam konsep pernikahan outdoor.

Memastikan Kenyamanan Tamu Undangan


Para tamu undangan adalah alasan utama dalam mengadakan wedding party. Jadi, rasa nyaman mereka harus menjadi hal yang prioritas dan menjadi perhatian serius. Dengan mengecek apakah tempat duduk mereka sudah memadai dan tidak terganggu dengan cuaca yang terlalu panas, terlalu dingin atau angin kencang? Apakah posisi tempat duduk mereka memungkinkan untuk dapat melihat prosesi upacara pernikahan dan berbagai rangkaian acara lainnya dengan baik. Jangan sampai kursi para tamu dihadapkan dengan sinar matahari, karena hal tersebut akan membuat mereka merasa kurang nyaman. Lalu akses jalan juga mesti diperhatikan. Apakah akses jalan akan membuat para tamu kesulitan untuk mencapai tempat berlangsungnya acara? Apakah lahan parkir untuk para tamu undangan sudah cukup dekat? Jangan melupakan juga akses-akses lainnya seperti toilet, listrik dan juga air bersih, jika sewaktu-waktu dibutuhkan oleh para tetamu.

Hidangan Makanan

Agar makanan yang dihidangkan dalam pernikahan tetap terjaga, dalam berbagai kondisi cuaca menjadi salah satu masalah tersendiri yang harus dipikirkan saat mengadakan pesta pernikahan outdoor. Anda sebelumnya dapat melakukan diskusi dengan pihak katering tentang keamanan pelayanan dan juga penyajian makanan. Akan lebih baik jika sejak awal mempertimbangkan semua kemungkinan paling buruk yang bisa saja terjadi, sehingga makanan yang dipersiapkan tidak mubazir.

Jika fasilitas yang tersedia tidak memungkinkan untuk para tamu menyantap makanan di luar, terkadang akan jauh lebih mudah jika acara akad nikahnya saja yang dilakukan di luar ruangan. Kemudian kembali ke dalam ruangan untuk menyajikan makanan bagi tamu undangan pernikahan. Meskipun jika seperti ini malah membuat konsep outdoornya terasa setengah-setengah.

Pemilihan Waktu dan Tempat yang Pas

Setiap pasangan pasti memiliki kesepakatan untuk memilih waktu untuk pelaksanaan pernikahan, entah siang, sore atau malam hari. Pastikan Anda dan pasangan mempertimbangkan hasil foto di pelaminan, hindari pemilihan waktu yang membuat fotografer sulit untuk memfokuskan gambar dan membuat hasilnya tidak maksimal. Misalnya saat sinar matahari terlalu terang di siang hari atau kurangnya lighting di malam hari.

Pertimbangkan juga kebutuhan lain seperti lubang-lubang api dan persediaan minuman hangat jika Anda memilih venue yang cukup dingin. Jika memungkinkan, Anda perlu melakukan survei terlebih dahulu tempat dan lokasi pesta pernikahan Anda sebelumnya agar dapat memastikan kenyamanan tamu undangan.

Siapkan Plan B

Mungkin ini cara yang cukup penting dari perencanaan acara pernikahan outdoor. Dengan membuat plan b dan mempersiapkan fasilitas indoor juga karena sekarang cuaca sedang tidak bisa diprediksi.

Inilah sekilas mengenai tips yang bisa Anda dan pasangan lakukan untuk konsep pernikahan outdoor. Disarankan agar Anda selalu menggunakan wedding organizer atau tenaga pernikahan yang profesional dengan segala informasi yang dibutuhkan  untuk membuat perubahan yang terjadi mendadak dalam lokasi karena cuaca yang tidak menentu.





Kumpulan Tema Pernikahan Unik Yang Patut Dicoba

Dekorasi yang dapat Anda pilih untuk tema natural adalah banyaknya rangkaian bunga dengan berbagai macam pilihan warna.
(Source: www.pexels.com)

Memilih tema acara pernikahan dapat dikatakan sebagai salah satu masalah yang ada dalam melaksanakan pernikahan. Terlebih lagi di zaman modern sekarang ini, masyarakat tentu selama 24 jam nonstop ditemani oleh internet. Dengan begitu, mereka akan dapat banyak sekali referensi tema pernikahan untuk dipilih. Sebab, memiliki tema budaya klasik dan menyewa sebuah gedung besar sudah dianggap sebagai tema pernikahan kuno oleh beberapa orang.

Lalu, tema unik seperti apa yang sekarang sedang tren di kalangan masyarakat? Simak tulisan berikut agar tema pernikahan Anda lebih unik dari yang lain dan sudah dipastikan tidak akan ada yang memiliki tema dan dekorasi yang sama dengan pernikahan Anda.

Alternatif

Dalam tema alternatif, tidak semua dekorasi buruk dan aneh. Selain itu, menggunakan tema alternatif juga akan memaksa kemampuan berpikir Anda untuk menghasilkan ide dekorasi sekreatif mungkin demi menciptakan pernikahan dengan tema aneh namun unik. Beberapa contoh dari tema alternatif adalah seperti tema pernikahan steampunk, klasik dengan gaya kolonial, atau juga menggunakan referensi budaya populer. Apabila Anda pasangan muda dan mayoritas dari tamu pernikahan Anda adalah generasi millennial atau generasi Z, maka tema dengan banyak referensi budaya populer sangatlah cocok.

Untuk gaun pengantin yang akan digunakan nanti, Anda tetap dapat menggunakan gaun tradisional dengan warna putih. Akan tetapi, Anda harus sangat kreatif dalam mengatur dekorasi tempat pernikahan, dan juga perhiasan apa saja yang akan Anda gunakan agar gaun tidak terlalu plain.

Lihat juga: Cara Mempersiapkan Pernikahan Hemat

Art Deco

Tema yang mengusung gaya hidup Amerika Serikat di tahun 1920an ini juga dapat digunakan sebagai tema pernikahan Anda. Yang paling utama dari tema Art Deco ini adalah Anda harus memiliki alunan musik jazz selama acara pernikahan berlangsung. Sebab, tahun 1920an di Amerika merupakan tahun dimana musik jazz sangat populer. Baik itu di kalangan kelas menengah ke atas, tetapi juga populer di kalangan para buruh kerja.

Untuk dekorasi sendiri Anda tidak harus pusing. Apabila Anda familiar dengan film The Great Gatsby, maka Anda cukup menirukan dekorasi yang terdapat dalam film tersebut ketika sedang mendekorasi acara pernikahan Anda.

Natural

Apabila Anda dan pasangan merupakan seseorang yang sangat mencintai alam, maka tema natural adalah pilihan yang tepat untuk pernikahan Anda. Sebab, tema natural sangat berfokus pada elemen alam seperti bunga dan juga rumput. Maka dari itu, apabila Anda mengusung tema natural sebagai tema pernikahan, lokasi yang dipilih juga harus di luar ruangan seperti di taman.

Dekorasi yang dapat Anda pilih untuk tema natural adalah banyaknya rangkaian bunga dengan berbagai macam pilihan warna. Selain agar pernikahan Anda akan memiliki beragam corak, tetapi pernikahan juga akan terlihat sangat indah apabila dihiasi dengan bermacam-macam jenis bunga dan warnanya. Untuk barang-barang sendiri, Anda direkomendasikan untuk menggunakan barang yang terbuat dari kayu. Misalnya, Anda dapat menggunakan meja piknik dari kayu yang dilapisi dengan kain putih dengan garis kotak-kotak berwarna merah seperti kain khas meja piknik. Dengan begitu, tema natural akan lebih terasa dalam acara pernikahan Anda.

Bahari

Indonesia merupakan negara dengan ribuan pulau yang dikelilingi oleh lautan nan indah. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan tema bahari sebagai tema pernikahan Anda. Dekorasi yang digunakan juga sangatlah mudah untuk dicari di toko oleh-oleh yang terdapat di ribuan tempat wisata pantai. Beberapa di antaranya adalah seperti dekorasi mercusuar, atau mungkin perhiasan terumbu karang yang dapat Anda modifikasi sebagai lampu. Untuk bingkisan yang akan diberikan kepada para tamu, Anda dapat memberi mereka tempurung karang yang sudah Anda kostumasi hingga menjadi sangat unik.

Untuk pakaian pengantin yang akan digunakan, Anda tetap dapat menggunakan gaun. Hanya saja, warna biru sangat direkomendasikan sebagai warna gaun Anda. Entah itu biru muda, biru tua, atau campuran warna biru lain. Sementara untuk makanan yang disajikan, Anda dapat menghidangkan berbagai macam makanan laut yang bahan dasarnya dapat Anda beli dari para nelayan lokal.